Rabu, 09 Desember 2015

KEGIATAN 1 TUGAS 2 LEMBAR KERJA IKLAN

KEGIATAN 1 TUGAS 2

1)     Tidak semua iklan memiliki struktur yang sama. Coba bandingkan iklan ini dengan iklan produk sejenis. Apakah kalian menemukan perbedaan struktur teks pada iklan-iklan tersebut?
Jawab      : Iklan ini adalah iklan tentang Semen Tiga Roda terdapat orientasi, tubuh iklan, justifikasi. sedangkan pada iklan lain seperti iklan Semen Gersik juga memiliki orentasi, tubuh iklan, justifikasi. Jadi pada iklan yang memiliki barang sejenis, biasanya memiliki struktur yang sama serta tujuan dan promosi yang mirip

2)    Perhatikan iklan tersebut sekali lagi. Isilah bagian rumpang pada kolom ini!
Struktur Teks
Teks
Orientasi
Semen Tiga Roda kokoh terpercaya
Tubuh iklan
"Aku sih percaya... tapi sama Semen Tiga Roda
Bagusnya yang terpercaya, Bagusnya Semen Tiga Roda
Justifikasi
fb : Semen Tiga Roda twitter : @sementigaroda

3)    Perhatikan dengan teliti iklan berikut ini, apa yang kalian temukan dalam iklan ini?
1. Spesifikasi produk
2. Tahun pembuatan
3. Perbedaan antara pelumas asli dan pelumas palsu
4. Gambar produk
5. Contact Pertamina














4)    Iklan harus disajikan dalam bahasa yang bisa dipahami oleh khalayak sasarannya. Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata superlatif seperti “paling”, “nomor satu”, ”top”, atau kata-kata berawalan “ter“, dan atau yang bermakna sama, tanpa secara khas menjelaskan keunggulan tersebut yang harus dapat dibuktikan dengan pernyataan tertulis dari otoritas terkait atau sumber yang otentik. Bisakah kalian temukan iklan yang masih menggunakan kata-kata superlatif seperti itu? Tulislah jawaban kalian!
Jawab    : Bisa, karena hampir semua iklan menggunakan kalimat superlatif untuk mengunggulkan produk/jasa serta menarik minat masyarakat

5)    Kalian pasti sering menjumpai iklan yang menyertakan label halal dalam kemasan produknya. Pada dasarnya, penggunaan kata ”halal” dalam iklan hanya dapat dilakukan oleh produk-produk yang sudah memperoleh sertifikat resmi dari Majelis Ulama Indonesia, atau lembaga yang berwenang. Pada produk apa sajakah label halal bisa kalian temukan?
Jawab        : Makanan dan minuman Misal : Snack Taro memiliki lebel halal di bungkusnya, misal di ujung bungkus

6)    Seringkali kalian akan menemukan iklan yang menggunakan kata-kata “satu-satunya”. Pada prinsipnya, iklan tidak boleh menggunakan kata-kata “satu-satunya” atau yang bermakna sama, tanpa secara khas menyebutkan dalam hal apa produk tersebut menjadi yang satu-satunya dan hal tersebut harus dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan. Bisakah kalian menemukan iklan yang masih menggunakan kata-kata “satu-satunya” dalam produknya?
Jawab      : Bisa, contohnya iklan Ichi Ocha

7)    Pernahkah kalian melihat atau membaca iklan yang mencantumkan “gratis”? Penggunaan kata “gratis” atau kata lain yang bermakna sama sebenarnya tidak boleh dicantumkan dalam iklan, bila ternyata konsumen harus membayar biaya lain. Masihkah kalian temukan iklan yang menggunakan kata tersebut namun ternyata pelanggan harus membayar biaya lain? Jika ya, sebutkan contohnya!
Jawab       : Ada, salah satunya iklan teh ichi ocha yang menawarkan beli 2 gratis 1, jadi pembeli harus memgeluarkan biaya seharga 2 botol ichi ocha untuk mendapatkan 1 botol ichi ocha secara gratis Jika hanya membeli satu tidak akan mendapatkan 1 botol ichi ocha gratis

8)     Lihatlah iklan ini, jika iklan ini tanpa tulisan, bisakah ia menyampaikan pesannya?

Tidak, karena gambar yang ada di iklan tersebut masih kurang jelas karena tidak langsung menunjukan maksud iklan tersebut hanya ada ambar-gambar ikan mati, uang, api, air. Tujuan iklan tersebut adalah pengolahan sampah, tetapi tidak ada gambar pengolahan sampah. Jadi kalau tidak ada kalimat pengolahan sampah, pembaca tidak tahu maksud kalimat tersebut. tercemar dan kata asap masih menujukam seperti dampak, efek dari sesuatu. Tapi pembaca tidak tahu dari mana dampak tersebut terjadi.





1 komentar: