KEGIATAN
1 TUGAS 1
- Iklan adalah berita yang dimaksudkan untuk mendorong masyarakat agar memenuhi permintaan di dalam iklan. Iklan dipasang di media massa seperti surat kabar dan majalah, di media elektronik seperti televisi, radio, dan internet, atau di tempat umum. Iklan yang berbentuk seperti apa yang dipasang di tempat umum?Jawab : baliho, spanduk, poster, kalender beriklan (visual), TV besar (audiovisual)
menarik hati kalian?
Jawab : iklan bergambar yang berwarna-warni dan dipasang satu halaman penuh dimedia
cetak dan iklan yang mengandung unsur humor dan slogan khas di media elektronik terutama
yang audiovisual
3.
Pada
iklan PLN ini, dapatkah kalian menemukan pesan yang ingin disampaikan oleh
pembuat iklan?
Jawab : supaya pembaca memasang atau beralih
ke listrik pintar dengan menghubungi contact
center PLN 123
Jawab : simbol listrik pintar yang berbentuk unik, tulisan ‘tar’ pada ‘listrik pintar’ yang
diberi warna lain, serta background yang diberi 2 warna berbeda.
5. Perhatikan tabel yang memperlihatkan hubungan antara struktur teks ”iklan PLN” dan tanda
yang muncul dalam teks iklan tersebut! Apakah sukukata, kata, kelompok kata, atau kalimat
yang ditebalkan atau yang ditulis dengan warna yang berbeda itu merupakan unsur
pembangun struktur teks iklan.
Jawab : Ya, semua sukukata, kata, kelompok kata, dan kalimat memiliki fungsi masing-
masing baik sebagai orientasi, tubuh iklan, maupun justifikasi.
6. Pada dasarnya, iklan wajib dikemas dengan menarik agar orang maumemperhatikan dan
menyimak iklan tersebut. Untuk menciptakan iklan yang bisa menarik perhatian banyak
orang sekaligus bisa menciptakan pelanggan diperlukan materi yang mempunyai daya tarik
yang kuat dan dilakukan sesuai kebenaran atas apa yang diinformasikan. Karena manusia
hanya dapat berkomunikasi lewat sarana tanda, materi dalam iklan pun berisi tanda. Tanda
dapat berupa gerakan/isyarat, tulisan, angka, lambang, simbol, gambar, dan rambu lalu lintas.
Nah, dapatkah kalian menemukan tanda pada iklan PLN itu? Sebutkan.
Jawab :
Yang pertama adalah simbol listrik pintar. Simbol ini mengacu pada stopkontak listrik dengan kutub positif dan negatif. Warna biru memberi kesan aman untuk digunakan oleh siapapun. Tanda ini diikuti dengan tulisan “listrik pintar”.
Simbol
PLN. Simbol ini menunjukkan lambang dari PT. PLN. Terdapat persegi panjang
berwarna kuning, kilat merah, dan 3 gelombang horizontal berwarna biru.
7. Mari
kita uraikan teks iklan PLN tersebut menurut tanda yang ada di dalamnya.
Teks
|
Tanda
|
Makna
|
Simbol
listrik pintar
Tulisan
“listrik pintar” tercetak tebal
Tulisan
“pin” berwarna hitam dan “tar” berwarna biru
|
· Simbol ini mengacu pada stopkontak listrik dengan kutub positif dan
negatif yang dihubungkan dengan lingkaran. Gelombang di atas menggambarkan
listrik. Warna biru memberi kesan aman untuk digunakan oleh siapapun.
· “Listrik pintar” dicetak tebal supaya terlihat jelas dan menarik
perhatian.
· Tulisan “pin” ditulis hitam tebal menegaskan tentang mekanisme program
itu sendiri (harus memasukkan nomor seri/ pin untuk isi ulang). “ Tulisan
“tar” diberi warna biru menyesuaikan dengan simbol listrik pintar.
| |
Tulisan
tercetak tebal
Lambang
PLN.
|
· Tulisan dicetak
tebal agar jelas terlihat.
· Lambang PLN
terdiri dari persegi panjang kuning yang melambangkan organisasi yang membawa
pencerahan dengan penuh semangat dan terorganisir secara sempurna. Kilat
melambangkan tenaga listrik dan kemampuan untuk bekerja cepat. Warna merah
pada kilat melambangkan kedewasaan, kedinamisan, dan keberanian dalam
pengelolaan perusahaan. Tiga gelombang melambangkan tiga bidang usaha utama
PLN. Warnanya biru menampilkan kesan konstan dan keandalan yang dimiliki
perusahaan.
| |
Saatnya
Anda beralih
ke
listrik pintar
|
Tulisan
berwarna kuning tebal.
|
· Tulisan dicetak
tebal agar terlihat jelas. Warna kuning berarti pelanggan diharapkan siap
beralih ke listrik pintar.
|
Hubungi contact center PLN 123 dan
pasang listrik pintar sekarang juga!
|
Ada
tulisan yang tercetak tebal.
|
· Tulisan contact
center PLN 123 dicetak
tebal supaya pembaca lebih jelas mengetahui pihak yang bisa dihubungi untuk
mendapatkan informasi lebih lanjut
|
www.pln.
co.id
|
Tulisan
www. pln.co.id tercetak biasa
|
Tulisan
www.pln.co.id merupakan penjelasan jika pembaca ingin mendapatkan
informasi yang lebih detil.
|
8. Pembahasan mengenai tanda tidak menjadi penekanan dalam pelajaran ini sehingga uraian
pada nomor (7) hanya sebagai contoh bagi kalian untuk sekadar mengetahui cara menganalisis
iklan berdasarkan tanda. Pada nomor selanjutnya, kalian hanya perlu mencermati teks yang
berbentuk kelompok kata, klausa, atau kalimat saja. Cermati iklan berikut ini.
Iklan ini
merupakan iklan yang berupa kelompok kata yaitu “Manfaat Terlengkap” dan “Bagi
Pekerja”. Kelompok kata ini mengandung makna tersirat yang mengundang pembaca
untuk mengikuti Jamsostek.
(b)
Iklan berbentuk kalimat
Perhatikan iklan
ini. Meskipun iklan tersebut berasal dari satu pengiklan yang sama namun isinya
berbeda. Iklan pada (a) merupakan iklan yang bertujuan membujuk pembaca,
sementara pada (b) adalah iklan yang bertujuan memberikan informasi bagi
pembaca. Kalian bisa mengamati bahwa struktur teks iklan ini hanya berisi tubuh
iklan (yang berupa kalimat lengkap yang terdiri atas Subjek, Predikat, Objek,
dan Keterangan)
Iklan ini hanya
mengandung satu kalimat lengkap dengan subjek, predikat dan objek, yaitu “PT
Jamsostek (persero) siap menjadi BPJS ketenagakerjaan 1 Januari 2014”.
(c) Iklan berbentuk kelompok kata dan
kalimat
Iklan pada (c) merupakan iklan yang
bertujuan membujuk pembaca secara tidak langsung. Kalian bisa mengamati bahwa
struktur teks iklan ini hanya berisi tubuh iklan (yang berupa kalimat tunggal
yang terdiri atas Subjek, Predikat, dan Objek) dan justifikasi (yang berupa
kalimat tak lengkap yang terdiri atas Subjek, Predikat, dan Keterangan).
Iklan ini memiliki struktur tubuh iklan
dan justifikasi. Tubuh iklan berupa kelompok kata yaitu “Kekuatan Menopang
Negeri” sedangkan justifikasi berupa kalimat (lengkap dengan subjek, predikat)
yaitu “Semen Gresik Kokoh Tak Tertandingi”.
9. Iklan ada juga yang hanya berupa suara saja, seperti iklan di radio. Pada teks iklan di radio,
iklan akan memiliki nilai tinggi di telinga pendengar jika berdaya jual dan kreatif. Iklan di
radio mengandalkan suara sebagai pengisi utama iklan. Berbeda dengan iklan media cetak,
iklan di radio mempunyai bahasa, batasan waktu, dan peristilahan yang khusus. Script iklan
radio menggunakan kode tertentu yang diketahui secara umum oleh kalangan periklanan.
Waktu untuk iklan radio dibatasi oleh durasi dan dihitung berdasarkan detik. Ketentuan
pengaturan waktu dalam iklan radio umumnya 60 detik (ada yang 30 atau 45 detik), 5-10 detik
pertama sebagai building situation (pendengar sudah tahu setting dan tokoh), detik ke-11
sampai dengan 45 berisi konflik, detik ke-45 hingga 60 berisi solusi.
Nah, sekarang kalian sudah mengerti jenis teks iklan dan strukturnya bukan? Iklan tidak hanya
berupa teks tertulis ataupun terbaca, namun bisa juga berupa gambar visual.
Jawab : Ya, sudah mengerti setelah mencermati teks iklan audio.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusterima kasih atas bantuannya,tapi kenapa tidak sekalian tugas 3 nya juga?
BalasHapustugas ke tugas, bohsan
BalasHapus